Blogroll

Kamis, 20 Juni 2013

‘‘HIKMAH WUDHU’’



Berikut ini adalah hikmah yang dapat kita peroleh dari wudhu seperti yang diuraikan Imam Al-Ghazali dalam bukunya "Ihya Ulumuddin". Banyak di antara kita yang tidak sadar akan hakikat bahwa setiap yang di tuntut dalam Islam mempunyai hikmah tersendiri.

①. Ketika berkumur, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah ampunilah dosa mulut dan lidahku ini...!!!” Penjelasan : Sehari² kita mengeluarkan kata² mengenai benda² yang tak berfaidah.

②. Ketika membasuh muka, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, putihkanlah mukaku di akhirat kelak, Janganlah Kau hitamkan mukaku ini...!!!’’ Penjelasan : Muka para ahli surga putih berseri².

③. Ketika membasuh tangan kanan, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, berikanlah hisab²ku di tangan kananku ini...!!!’’ Penjelasan : Hisab² ahli surga diberikan di tangan kanannya.

④. Ketika membasuh tangan kiri, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, janganlah Kauberikan hisab²ku di tangan kiriku ini...!!!’’ Penjelasan : Hisab² ahli neraka diberikan di tangan kirinya.

⑤. Ketika membasuh kepala, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, lindungilah aku dari terik matahari di Padang Ma'syar dengan Arasy-Mu...!!!’’ Penjelasan : Panas di Padang Masyar seperti matahari sejengkal di atas kepala.

⑥. Ketika membasuh telinga, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, ampunilah dosa telingaku ini...!!!’’ Penjelasan : Sehari² kita mendengar orang mengumpat, memfitnah, dan mendengar lagu² berunsur maksiat.

⑦. Ketika membasuh kaki kanan, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, permudahlah aku melintasi titian Siratul Mustaqqim...!!!’’ Penjelasan : Ahli surga melintasi titian dengan mudah sekali.

⑧. Ketika membasuh kaki kiri, kita berdo'a, ‘‘Ya Allah, bawalah aku pergi ke masjid², surau², dan bukan tempat² maksiat...!!!’’ Penjelasan : Ahli surga melintasi titian dengan mudah sekali.

Subhanallah...
Semoga Artikel singkat ini insya ALLAH bermanfaat...



DHORA Karlyna !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar